26 Juli 2014

Ilmuwan Rancang Mobil Anti Kantuk

VALENCIA - Sebuah sistem protipe terbaru dirancang untuk mencegah  pengemudi dari kecelakaan yang disebabkan oleh kantuk. Sistem tersebut bekerja dengan mengukur detak jantung dan sistem respirasi pengemudi.

Sistem ini dikembangkan oleh Biomechanics Institute (IBV) di Valencia, Spanyol. Sistem sensor tersebut tertanam di dalam mobil, sensor yang ada di sabuk pengaman ditujukan untuk memantau detak jantung.

Sementara sensor yang ada di seat cover berfungsi untuk mengukur pernafasan. Bila sensor mendeteksi pengemudi sedang tertidur, maka alarm akan berbunyi untuk membangunkan pengemudi sebelum ia kehilangan kendali. 

Penelitian ini didanai oleh Uni Eropa, proyek ini sendiri dinamakan Harken. Harken terdiri dari sensor cover jok dan sabuk pengaman, dilengkapi dengan unit pemrosesan hidden signal, yang memproses data secarareal-time.

“Detak jantung dan tingkat pernapasan merupakan indikator yang baik untuk menunjukan keadaan pengemudi yang kelelahan," kata Jose Solaz, direktur IBV bidang inovasi pasar, mobil otomatis dan transportasi massal seperti dilansir Mashable, Kamis (24/7/2014).

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 LKP MASTERSKIL