26 Juli 2014

11 Jabatan CPNS Bisa Dilamar Sarjana Semua Jurusan

BENGKULU – Ini kabar terbaru dari persiapan pelaksanaan tes CPNS tahun 2014. KemenPAN-RB telah mengumumkan 11 jabatan yang merupakan kuota 5 persen formasi yang dapat dilamar sarjana dari semua jurusan masing-masing instansi.
Berdasarkan situs resmi KemenPAN-RB, adapun 11 jabatan yang dapat dilamar oleh sarjana dari semua urusan dimaksud adalah, Analis Kebijakan, Perencana, Auditor, Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintahan daerah, Penggerak Swadaya Masyarakat, idyaiswara, Peneliti, Pekerja sosial, Penyuluh sosial, Perekayasa, dan Pemeriksa.
“Bagi instansi pemerintah yang belum mengalokasikan formasi untuk 11 jabatan yang bisa dilamar oleh saraja dari semua jurusan tersebut supaya segera mengalokasikannya,” kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman.
Namun sayangnya, sampai sekarang banyak instansi pemerintah pusat maupun daerah yang belum mengalokasikan untuk jabatan 5 persen yang dapat dilamar oleh sarjana dari  semua jurusan. Hal itu merupakan salah satu penyebab belum rampungnya proses verifikasi formasi CPNS dari sejumlah daerah, untuk selanjutnya mendapatkan ijin prinsip dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
“Kalau ijin prinsip sudah ada diharapkan segera bisa diumumkan lowongan jabatan yang dibuka di masing-masing kementerian, lembaga maupun pemda,” ujar Herman.
Dikatakan, ada beberapa permasalahan terkait dengan pengisian rincian jabatan. Antara lain belum semua instansi menyampaikan nama-nama jabatan fungsional yang berlaku di instansi masing-masing. Selain itu, jabatan yang diusulkan belum tercantum dalam e-Formasi, penyusunan formasi yang seharusnya disusun per jabatan, banyak yang disusun  berdasarkan unit organisasi. Masalah lain, jumlah rincian tidak sesuai dengan jumlah persetujuan prinsip, banyak yang belum mengalokasikan untuk jabatan 5 persen yang dapat dilamar oleh semua jurusan. “Bahkan ada usulan yang belum di tandatangan oleh pejabat pembina kepegawaian,” tambah Herman.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Tarmizi, B.Sc, S.Sos saat dikonfirmasi mengatakan tidak semua jabatan tersebut akan diisi. Hanya dua jabatan yang memungkinkan, yakni Pekerja sosial dan Penyuluh sosial.
“Kalau untuk jabatan lain sudah banyak, seperti auditor. Dan kedua jabatan itu (Pekerja sosial dan Penyuluh sosial,red), juga tidak begitu spesifik,” kata Tarmizi.
Dibagian lain, saat pendaftaran setiap pelamar diwajibkan untuk memasukan email masing-masing. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara online melalui portal http://panselnas.menpan.go.id.  Selain email, pelamar cukup meng-entry Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama. Lalu memilih instansi yang dilamar.
Setelah memasukkan syarat yang diperlukan, pelamar akan mendapatkan username dan password untuk membuka portal pendaftaran online SSCN BKN atau portal dari masing-masing instansi. Tidak bisa mendaftar langsung ke portal instansi masing-masing jika belum mendaftar ke portal nasional.
Tarmizi mengatakan KemenPAN-RB terus berupaya memberikan kemudahan bagi pelamar mengikuti seleksi tes CPNS. “Meski demikian, pelamar harus juga mengirimkan hardcopy persyaratan ke BKD masing-masing,” kata Tarmizi.
Sesuai data Kementerian PAN-RB, banyak formasi kosong yang ditinggalkan karena tahun lalu pendaftaran tidak secara online dan terintegrasi. Kekosongan ini terjadi karena para pelamar banyak yang lulus lebih dari satu instansi. Dengan demikian tahun ini pelamar tidak bisa mendaftar lebih dari satu instansi. “Hanya bisa melamar di satu instansi,” ujarnya.

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 LKP MASTERSKIL